Home » » Jalan Lain ke Roma

Jalan Lain ke Roma


Judul buku                            : Jalan Lain ke Roma

Pengarang                              : Idrus

Kota penerbit                        : Jakarta 

Penerbit                                 : Balai Pustaka
Tahun terbit                          : 1953

Ringkasan Cerita Novel :
          Open, yang menjadi pelaku utama dalam cerita ini, mempunyai pengalaman hidup yang bermacam-macam. Mula-mula menjadi guru SD, sesudah itu menjadi mualim, lalu menjadi pengarang dan akhirnya menjadi penjahit.
          Nama Open itu mempunyai riwayat, yakni pada suatu hari ayah Open bermimpi tentang kota New York dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Entah apa sebabnya, di telinganya selalu saja mendengking satu perkataan Belanda : openhartig. Hal itu diceritakan pada isterinya. Ibu Open tertarik pada perkataan itu. Karenanya sejak itu anaknya diberi nam Open, yakni singkatan dari kata openhartig itu. Meksud ibunya memberi nama itu ialah agar Open dalam hidupnya selalu berterus terang. Kepada Open ibunya berkata bahwa Open harus berterus terang dalam segala hal, karena dengan jalan demikian menurut ibunya Open akan dapat memajukan dunia yang penuh dengan kebohongan ini. Maksud ibunya itu dipahami oleh Open. Karena itu ia bermaksud melaksanakan cita-cita ibunya itu.
          Pada suatu hari open mendapat pekerjaan sebagai seorang guru SD. Di sekolah ia berterus terang menceritakan keadaan rumah tangganya. Lebih-lebih tentang isterinya, sehingga ia diberi nama guru goblok oleh para muridnya. Karena marahnya akibat olok-olok muridnya itu, ia pun menangani salah seorang diantara murid-muridnya tersebut sehingga menderita luka-luka. Akibatnya orang tua murid itu datang mengadu kepada kepala sekolahnya, yang akhirnya berkeputusan Open dipecat dari jabatannya. Setelah itu, ia pun meniggalkan gedung sekolah itu dengan menaiki sepeda antiknya yang dibeli dari seorang Belanda seharga seratus rupiah. Sepeda itu tidak berlampu, tidak berpedal dan tidak pula mempunyai goncengan.
          Peristiwa Open di sekolah itu diceritakan kepada isterinya. Hal itu menyebabkan isteri Open marah. Perselisihan yang terjadi pada mereka itu tak dapat didamakan, sehingga mereka itu terpaksa bercerai. Setelah bercerai Open pergi ke tukang loak untuk menjual sepeda antiknya. Sepeda itu hanya laku tiga puluh lima rupiah, dan dengan uang itu ia pulang ke desa tempat tinggal orang tuanya. Di desa itulah oleh ibunya, Open dinikahkan lagi dengan seorang gadis bernama Surtiah.
          Setelah itu Open menjadi seorang mualim. Pda suatu hari Open serta Surtiah pergi ke kota. Di sana ia bertemu dengan seorang mualim kota yanh berjiwa modern, yakni memekai pantalon, lagi pula suka mengarang, diantaranya ia mengarang roman. Setelah pertemuan itu Open menurut saja akan petunjuk mualim kota itu, yakni memakai pantalon. Akibatnya ia tidak disenangi oleh masyarakat desanya. Para muridnya dilarang oleh orang tua mereka mengaji kepadanya. Hal itu tak tertahan oleh Open, lebih-lebih oleh Syrtiah. Akhirnya mereka itu sepakat hendak pindah ke kota. Open sendiri bermaksud hendak menjadi pengarang. Setelah di kota, Open bermaksud menemuio mualim kota tersebut karena kepadanya ia bercakap-cakap tentang pekerjaan mengarang itu. Tetapi maksud itu gagal karena mualim itu tertangkap oleh Jepang karena tidak mau membacakan khotbah jum’at yang telah disiapkan ole Kantor Urusan Agama Jepang.
          Di kota itu Open melihat keadaan-keadaan yang menyedihkan menimpa manusia-manusia Indonesia pada zaman pendudukan Jepang. Masalah itu dijadikan bahan karangan oleh Open dan hasil karyanya itu dibawanya kepada seorang redaktur. Setelah membacanya, redaktur itu mengatakan kepada Open, bahwa karangannya itu sangat berbahaya. Ia agar mengharapkan karangan itu disimpan saja. Diharapkannya pula agar Open lebih baik mengarang tentang pemandangann yang indah-indah saja daripa menggambarkan tahi kebo itu.      



Kelebihan pada Novel Jalan Lain ke Roma :
       Menurut saya, kelebihan yang ada pada novel tesebut adalah perjalanan hidup seorang Open yang penuh lika-liku serta tantangan yang sangat berat, tetapi Open dapat melaluinya dengan tegar dan tabah.

Kekurangan Pada Novel Jalan Lain ke Roma :
          Menurut saya, kekurangan yang ada pada novel tersebut adalah penggunaan kata-kata yang kurang baik, tidak sopan dan tidak enak dibaca oleh pembaca. Misalnya pada paragraf ke tiga dan ke enam kalimat terakhir yaitu :
           “ Pada suatu hari open mendapat pekerjaan sebagai seorang guru SD. Di sekolah ia berterus terang menceritakan keadaan rumah tangganya. Lebih-lebih tentang isterinya, sehingga ia diberi nama guru goblok oleh para muridnya. Karena . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .”
          “ . . . . . . . . . Diharapkannya pula agar Open lebih baik mengarang tentang pemandangann yang indah-indah saja daripada menggambarkan tahi kebo itu.”      
          Pada paragraf ini kalimat yang kurang baik, tidak sopan dan tidak enak di baca adalah sehingga ia diberi nama guru goblok oleh para muridnya dan tahi kebo itu. Seharusnya kalimat yang digunakan tidak dengan kata guru goblok dan tahi kebo. Karena kata guru goblok dan tahi kebo itu adalah kalimat yang amat sangat tidak bagus dan tidak sopan untuk dibaca.

Kesimpulan :
       Menurut saya, Open adalah seseorang yang terlalu mempunyai sifat jujur. Sebenarnya maksudnya tapi seharusnya ia tidak perlu menceritakan semua tentang kepribadiannya pada orang lain. Dan berkat kejujurannya yang terlalu itu, ia banyak menuai hasil yang selalu merugikan.  

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogger templates

Blogroll

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Bangunan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger